blogku

.

Minggu, 21 Agustus 2011

Belajar Untuk Esok

Pendidikan merupakan usaha sadar untuk memanusiakan manusia. Melalui pendidikan seseorang akan memperoleh pengetahuan, pendidikan adalah jembatan dalam menjalani kehidupan. Dengan pendidikan jua seseorang itu bisa mengenal baik dan buruk, melalui ilmu yang diperoleh selama seseorang berada dalam jalur pendidikan. Ilmu merupakan harta yang tak ternilai harganya bagi seorang insan. Harta bisa dijaga, sementara yang dapat menjaga kita hanyalah ilmu.

Bayangkan bagaimana nasib seseorang anak yang tak mampu atau tak punya kesempatan meraih pendidikan yang selayaknya didapati. Hidupnya pastilah seperti pakaian yang tak disetrika, kusut dan kelihatan tak rapi. Ilmu yang bermanfaat ibarat seorang sahabat yang baik dan setia, yang selalu menuntun dan membawa kejalan yang mampu menyelamatkan dari ketidakbaikan.

Belajar dengan sungguh-sungguh hari ini akan memperoleh hasil yang memuaskan dikemudian hari. Oleh karenanya setiap anak berlomba-lomba untuk memperoleh pendidikan guna menyambung hidup mereka.


Lihatlah foto disamping, biarpun di daerah mereka tak punya jembatan, butuh perjuangan yang berat untuk menyeberang, akan tetapi semangatnya tak kendur dalam meraih cita dan asa. Ibarat kata pepatah, “Banyak jalan menuju Roma”. Mereka memberi motivasi kepada kita yang dengan mudah bisa menempuh jalur untuk menuju ke sekolah. Alangkah naifnya bila kesempatan yang ada kita sia-siakan begitu saja. Peluang dan kesempatan selalu ada di depan mata kita, Allah SWT memberi kita lebih banyak kemudahan bila dibandingkan dengan mereka.

Namun kesempatan jua jika tidak dimanfaatkan takkan berguna. Kesempatan datang seperti awan berlalu, manfaatkan selagi ia tampak dihadapanmu. Tuntut ilmu selagi belia, jadi manfaat ketika muda, dan berharga dalam menjalani masa tua.

Irwan Musa, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar